Follow Us

Tidak Disangka, Pertumbuhan Game PC di Jepang Mengalami Peningkatan

Maulani Mulianingsih - Senin, 07 November 2022 | 18:00
Ilustrasi bermain game PC
Dok. Shutterstock

Ilustrasi bermain game PC

GridGames.id - Pasar PC game Jepang secara kasar meningkat dua kali lipat dalam tiga tahun, tumbuh menjadi hampir $896 juta dari rentan tahun 2018 dan 2021.

Basis pengguna PC game aktif telah meningkat sebesar 5 juta dari 2015 hingga 2021 dan 4,5 juta di antaranya bermain secara eksklusif di PC.

Artinya pengguna yang bermain secara eksklusif di PC meningkat 100 persen sejak tahun 2015.

Menariknya 2,2 juta gamer tersebut berasal dari Jepang yang eksklusif memainkan game PC.

Data tersebut dilaporkan oleh industri game Jepang, think tank Kadokawa ASCII Research Laboratories dan analis industri game Dr. Serkan Toto, yang melakukan perbandingan data sejak tahun 2021.

Data tersebut merupakan publikasi terbuka yang mengumpulkan materi tahunan tentang kinerja industri game baik di Jepang maupun di negara lainnya.

Data yang dikeluarkan think tank Kadokawa ASCII Research Laboratories cukup mengejutkan banyak orang, terlebih karena banyak yang menganggap pasar PC Gaming di Jepang kecil.

Baca Juga: Mengenal Sejarah Game Google Pac-Man, Terinspirasi dari Sepotong Pizza

Dr. Serkan Toto sendiri merupakan warga negara Jerman, tetapi telah tinggal di Tokyo sejak 2004 dan telah bekerja sebagai konsultan industri game di perusahaannya, Kantan Games, sejak 2013.

Dr. Serkan Toto menganalisis kaitan pertumbuhan Pasar PC game Jepang dengan beberapa faktor.

Faktor-faktor tersebut antara lain adalah efek pandemi Covid-19, kurangnya ketersediaan konsol PS5 di Jepang, meningkatnya penerimaan game asing dan indie yang tersedia dengan harga murah di PC, ketersediaan game buatan Jepang yang jauh lebih besar di PC, dan ketersediaan game Smartphone populer saat diluncurkan di PC.

Source : PC Gamer

Editor : Grid Games

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular