Menilik Tren dan Statistik Industri Game Mobile di Tahun 2020

Senin, 19 April 2021 | 16:05
GridGames/ Amalia Septiyani

Ilustrasi bermain game mobile

GridGames.ID - Tahun 2020 terhitung menjadi tahun yang membuat laju perkembangan video game menjadi lebih besar.

Salah satu efeknya yakni karena pandemi Covid-19 yang mengharuskan semua orang melakukan segala aktivitasnya dari rumah.

Hasil pendapatan dari industri virtual satu ini pun telah mencapai angka miliaran dollar. Goks!

Hal ini menciptakan peluang besar untuk berbagai pihak seperti developer, publisher, retailer, serta pihak-pihak penyedia pasar lainnya.

Dok. Shutterstock
Dok. Shutterstock

Ilustrasi bermain game

Baca Juga: Game Mobile Makin Diminati, Sony Bakal Rilis Beberapa Game Mobile!

Statistik “Angka” untuk Game Mobile di 2020

Cepatnya perkembangan industri game mobile di 2020 dibuktikan dari penelitian hasil statistiknya.

Dari statistik pendapatan, game mobile di tahun 2020 berhasil mengumpulkan pendapatan hingga USD 77,2 milliaratau sekitar Rp 1,1 kuadrilliun (1000 trilliun).

Industri game mobile telah berhasil menjaring 12% tambahan jumlah pemain di tahun 2020 dibandingkan dengan tahun 2019.

Hal ini dibuktikan dengan jumlah totalnya yang mencapai sekitar 2,5 milliar lebih pemain.

Baca Juga: Game Mobile Semakin Berkembang, Pengeluaran Pemain Naik 25 Persen

Munculnya budaya untuk berdiam diri di rumah membuat jumlah peresentase peningkatan tersebut masih akan terus naik di 2021 ini.

Selain itu, berlakunya aturan Lockdown juga sukses memicu banyak gamer untuk membeli berbagai keperluannya yang berhubungan dengan video game.

Contohnya, untuk sektor game mobile aja, uang sebanyak USD 19 milliar atau sekitar Rp 274 trilliun yang telah dibayarkan kepada pihak penyedia produk maupun jasa yang terkait.

25% peningkatan jumlah download di iOS dan 21% di Android

Industri game mobile telah berhasil menghimpun peningkatan jumlah download app sebanyak 21% di Android dan 25% di iOS.

Melalui banyaknya investor serta developer yang tertarik terjun di sektor industri ini pada 2021, jumlah persenan tersebut disinyalir bisa meningkat kembali di 2021.

Nggak cuma itu, lewat pertumbuhannya yang begitu masif, 2020 menjadi tahun yang cukup melimpah bagi pihak pengiklan.

Di sektor game mobile aja, ada peningkatan penggunaan media iklan sebanyak 9% dari tahun sebelumnya.

Dengan jumlahnya yang berada di sekitar 60 ribuan, para pengiklan juga berhasil meraup 24% keuntungan hanya dari sektor game mobile aja, lho.

10 Game Mobile dengan tingkat impresi tertinggi

Baca Juga: Game Mobile Terus Berkembang, Ternyata Alasan Sederhananya Ini!

Tren kreatif untuk game mobile

Statistik menunjukan game puzzle sebagai satu game mobile yang paling banyak diinteraksikan di 2020.

SocialPeta selaku platform analisis periklanan dunia kebetulan telah melihat adanya 12 juta materi kreatif yang tercipta di tahun tersebut.

25% di antaranya murni berasal dari game mobile yang bergenrekan puzzle, setelahnya, baru disusul game RPG dan Arcade.

SocialPeta
SocialPeta

Statistik genre game mobile yang dimainkan tahun 2020

Sementara game bergenre strategi menduduki posisi keempat, para pengiklan dari game-game tersebut diketahui memiliki daya beli yang cukup tinggi.

Tercatat ada sekitar rerataan 359 materi iklan yang masih terus berjalan dalam satu tahun penuh.

Baca Juga: Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Mengatur Layar 120hz Saat Bermain Game Mobile

Kecerdasan Biaya

Industri game mobile telah memperkenalkan banyak peluang di tahun 2020.

Terbukti dari melaju pesatnya tingkatan CPM (cost per-1000 impression) dari tiap iklan sebanyak 166,27% di periode bulan Januari sampai Desember.

Para penyedia pasar nampak merasakan sekaligus ingin memanfaatkan peluang tersebut, sehingga perkembangan pasar game mobile yang tinggi telah menyebabkan munculnya berbagai bentuk investasi di dunia periklanan.

Hal tersebut demi menjaring banyaknya customer sekaligus jumlah peningkatan yang tajam, guys.

Baca Juga: 5 Game Mobile Paling Ringan Untuk Santai Sambil Ngopi Edisi Maret 2021

SocialPeta
SocialPeta

Statistik tren game mobile 2020

Amerika Serikat menjadi negara yang paling banyak memodalkan biaya periklanan mereka. Dengan Jumlah CPC (Cost per Click) sebanyak USD 3.41 dan CPM sebanyak USD 40.09

SocialPeta
SocialPeta

Geographical Insight game mobile

Informasi yang lebih detail mengenai apps dan game mobile bisa dilihat di “Buku Putih 2020” tentang Pembelian Media di Pasar Seluler Global yang disediakan oleh tim SocialPeta. (*)

Baca Juga: Simak Nih! 5 Game Mobile Augmented Reality Menarik di Tahun 2021

Editor : Amalia Septiyani

Baca Lainnya