Gamer, Profesi yang Dulu Dianggap Remeh Tapi Sekarang Makin Menjanjikan

Jumat, 09 Juli 2021 | 15:14
Shutterstock

Ilustrasi bermain game.

GridGames.ID– “Buat apa bermain game? Buang-buang waktu saja.” Ucapan tersebut sering terdengar dari para orangtua yang mendapati anaknya sedang bermain game.

Ujaran tersebut dilontarkanbukan tanpa alasan. Pasalnya, seseorang yang bermaingamememangbisa menghabiskan waktu hingga berjam-jam di depan layar ponsel atau laptop.Bermaingamemembuat merekalupa waktu.

Meski demikian,ucapanbahwa bermaingameadalah kegiatan yang sia-sia dan membuang-buang waktusaat ini sudahtidakrelevan.

Seiring bertumbuhnya era digitalisasi, kini bermaingametidak hanya menjadi sekadar hobi, tetapi juga bisa menjadi ladang penghasil uang.

Baca Juga: Wujudkan Impian Jadi Gamers dan Streamer Seperti Sarah Viloid, Siapkan 5 Perangkat Ini

Kehadiran teknologi digital membuat industri gameberkembang pesat. Peminatgame onlinesemakin banyak sehinggagamerprofesionallahirsebagai profesi baru.

Pada awalnya, profesigamermemang terdengar asing di kalangan masyarakat umum. Bahkan, tak sedikit yang meremehkan profesi ini karena dianggap tidak memiliki prospek yang menjanjikan.

Namun, anggapan tersebutmeleset.Sebab, sudah menjadi rahasia umum bahwa seoranggamermampu menghasilkan uang puluhan juta hingga milyaran hanya dengan bermaingame.

Daricontent creatorhingga atlete-sports

Di tengah maraknya penggunaan internet dan media sosial, peluang bagigameruntuk mendapatkan uang semakin besar. Salah satunya,dengan menjadicontent creatordi ranahgaming.

Baca Juga: PUBGM Kolaborasi dengan Julien Fournie, Gabungkan Game dan Fashion

Salah satugamerprofesional yang juga merupakancontent creatoradalahJess No Limit. Melalui akun YouTube-nya, ia kerap membuat video mengenai tips, strategi, ataureviewgameyang baru dirilis.

Menurut data dari platform analisisSocial Bladeper 8 Juli 2021, Jess No Limit mampu menghasilkan sekitar Rp 2-3 milyar per bulan dari hasil unggahan video-videonya di YouTube.

Penghasilan tersebut belum termasuk biayasponsorship,endorsement, dan hadiah-hadiah lainnya dari sejumlah turnamen yang ia ikuti.

Di samping itu, perkembangan industri e-sportsyang cukup melesat di Indonesia juga dapat menjadi peluang besar bagi paragamersprofesional.

Baca Juga: Mobile Legends Perkenalkan Update Performance Optimization Dalam Game

Sebagai informasi,e-sportsmerupakan cabang olahraga yang melibatkanvideo game multiplayersebagai media kompetisinya.

Bahkan,e-sportstermasuk sebagai salah satu cabang olahraga yang dilombakan pada ajang bergengsi seperti Asian Games 2018 dan Piala Presiden 2020.

Sama seperti kompetisi olahraga lainnya, paragamerakan dilatih layaknya atlet profesional. Pemain dengan strategi terbaik tentu akan memenangkan hadiah utama yang jumlahnya tidak sedikit.

Sebut saja Hansel Ferdinand, atlete-sportsasal Indonesia yang sudah malang melintangdi kompetisiinternasional. Menurut lamanesportsearnings.com, Hansel telah mengikuti 63 turnamen dengan total hadiah hingga Rp 2 triliun.

Baca Juga: Inilah Performa Gaming Realme GT 5G di Genshin Impact dan PUBG Mobile

Melihat berbagai peluang tersebut, bisa disimpulkan bahwagameradalah profesi yang cukup menjanjikan apabila ditekuni dengan sungguh-sungguh.

Memulai kariergaming

Memiliki hobi yang bisa menghasilkan uang memang menyenangkan. Apabila kamu tertarik menjadi seoranggamerprofesional, jangan takut untukmulai membebaskan aksimu untuk menggapai mimpitersebut.

Hal terpenting yang harus kamu punya adalah kemauan yang gigih untuk terus mengasahskill-mu. Seoranggamerprofesional tentu harus memilikiskilldan strategi bermain di atas rata-rata.

Kemudian, kamu bisamenunjang permainandengan beberapa perangkatgamingyang mumpuni, misalnya sepertiheadphone,ponselgaming, dankursi khususgaming.

Baca Juga: Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Ponsel Untuk Bermain Game

Apabila kamu ingin membuat konten video seputargaming, kamu bisa gunakan beberapa alat penunjang agar hasil videomu semakin ciamik, sepertitripodyang disertairing lightdanspeakeragar menghasilkan efeksoundyang jernih.

Nah, seluruh kebutuhangamingtersebut bisa kamu temukan di berbagaie-commercedengan mudah. Terlebih, saat ini banyak promo yang bisa kamu manfaatkan supaya belanja lebih hemat dan ekonomis.

Salah satunya adalah promo “Bebasin Aksi Terbang tinggi Bersama Lazada 7.7 Sale” yang berlangsungpada1-9 Juli 2021.

Baca Juga: Dimeriahkan Musisi Ternama, Konser Virtual The Sims Bakal Dihelat!

Selama periode tersebut, Lazada akan membagikanvoucherdiskon tambahan sebesar 77 persen yang dibagikan setiap pukul 00.00, 08.00, 10.00, 12.00, 14.00, 18.00, dan 20.00 WIB.

Selain itu, kamuberkesempatan mendapatkan bonus dadakan dari Lazada hingga Rp 500.000 yang bisa langsung dipakai saatcheck outproduk, serta gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia.

Kamu juga dapat menemukan promo lain, seperti Brand Mega Offer dengan diskon hingga 99 persen dan Hype Deals 7.7 dengan diskon hingga 70 persen.

Dapatkan berbagai promo menarik dengan mengunjungi lamanLazadaatau unduhaplikasi Lazada. Yuk, bebasin aksi untuk meraih mimpimu sebagaigamersejati bersama Lazada!

Editor : Sheila Respati