Review Main Genshin Impact di realme 10, Tetap Stabil di FPS Tertinggi

Rabu, 09 November 2022 | 14:00
Dok. GridGames/ Amalia Septiyani

Bodi belakang smartphone gaming realme 10

GridGames.ID - realme kembali meluncurkan smartphone lini Number Series "realme 10" di Indonesia pada hari ini (9/11/2022).

realme 10 mengusung slogan "Beat the Competition" dan digadang akan menjadi smartphone gaming paling powerful dengan prosesor MediaTek Helio G99 terbaik di kelasnya.

Bahkan, dalam pengujian AnTuTu, realme 10 mampu mencapai 400 ribu poin yang belum pernah dicapai smartphone lain di kelas harganya.

realme juga memanjakan visual pengguna realme 10 dengan panel layar Super AMOLED 90Hz untuk tampilan yang mulus, terutama saat melakukan gerakan cepat dalam bermain game.

Dok. GridGames/ Amalia Septiyani

realme 10

Baca Juga: Inilah Daftar 5 Smartphone realme Harga Rp 1-3 Jutaan Buat Gaming

GridGames telah mencoba realme 10 untuk bermain game mobile selama 1 minggu.

Seperti yang kita ketahui, Genshin Impact merupakan game mobile dengan ukuran terbesar saat ini.

Untuk memainkan game tersebut agar tak mengalami lagging, maka dibutuhkan smartphone dengan chipset yang tinggi.

Selama sepekan, GridGames mencoba bermain Genshin Impact di realme 10 dengan setting grafis paling tinggi.

GridGames/ Amalia Septiyani

Setting grafis tertinggi (highest) Genshin Impact di realme 10

Baca Juga: Review Jujur Main Genshin Impact dan MLBB di realme Narzo 50i Prime

Sesuai dengan pengalaman yang GridGames rasakan, tak ada lag selama bermain game tersebut walaupun dengan setting grafis rata kanan.

Selama setengah jam bermain Genshin Impact dengan setting grafis rata kanan, GridGames sempat merasakan overheating alias smartphone yang menjadi panas hingga mencapai suhu 42 derajat celsius.

Pemakaian baterainya pun terasa cukup boros, di mana saat memulai bermain game tersebut, baterai dari realme 10 tersisa 52%. Setelah bermain selama setengah jam, baterai menurun hingga mencapai 44%.

Itu artinya, GridGames menghabiskan daya baterai sebesar 8% untuk bermain Genshin Impact dengan setting tertinggi selama 30 menit.

GridGames/ Amalia Septiyani

Review main Genshin Impact selama 30 menit di realme 10 dengan setting grafis tertinggi (rata kanan)

Baca Juga: realme Umumkan Sebuah Kompetisi Esports untuk Fans di Asia Tenggara

GridGames sendiri tak merekomendasikan untuk kalian menggunakan setting grafis tertinggi atau highest di Genshin Impact, karena pasti akan ada peringatan performa 'overclocked' yang ditandai garis merah seperti gambar di halaman pertama.

Meski tak merasakan lag di setting grafis tertinggi, GridGames merekomendasikan kalian untuk menggunakan setting grafis di bawah highest.

Grafis dari permainan pun tak kalah bagus dari setting grafis highest berkat layar Super AMOLED 90Hz dari realme 10 yang membuat permainan tetap terlihat mulus.

Di realme 10, GridGames juga mencoba untuk setting FPS ke angka 60 dan game Genshin Impact tetap berjalan stabil meski tetap ada peringatan bahwa akan terjadi overclocked.

GridGames/ Amalia Septiyani

Setting grafis FPS tertinggi bermain Genshin Impact di realme 10

Kesimpulannya, skor AnTuTu yang mencapai angka 400 ribu poin tersebut membuktikan bahwa realme 10 memang memilki kemampuan yang jauh di atas smartphone gaming lain di kelas harganya.

Dengan spesifikasi yang mumpuni, realme 10 dapat menjalankan game mobile ukuran terbesar dengan grafis dan fps tinggi yang tetap stabil.

Hanya saja, settingan tertinggi dapat menyebabkan smartphone menjadi lebih panas dan baterai yang cepat terkuras jika memainkan game dalam waktu yang lama.

Untuk baterainya sendiri, realme 10 memilki kapasitas sebesar 5000 mAh yang didukung dengan fast charging 33w.

Baca Juga: realme GT NEO 3 Resmi Jadi Official Smartphone 2022 PMPL SEA Championship Spring

realme 10 menjadi smartphone dengan desain tertipis yang pernah dirilis oleh realme di pasar global, yakni dengan ketebalan 7,95mm dan berat 178 gram saja.

Untuk desainnya, realme 10 mengusung Light Particle Design yang terinspirasi dari film "three body problem".

Desain dari realme 10 ini menggabungkan proses Atom-coating dan proses pencetakan UV-nano, realme 10 mewujudkan tekstur 3D dan efek cahaya bergelombang dinamis dengan 6 lapisan pelapisan.

Dok. GridGames/ Amalia Septiyani

Bodi belakang smartphone gaming realme 10

Baca Juga: Review realme narzo 50 5G, HP Gaming Mid Range dengan Grafis Memukau

realme 10 juga menghadirkan fitur Game Toolkit yang memungkinkan pengguna untuk mengetahui suhu, baterai, maupun untuk menggunakan fitur lain di smartphone tersebut.

Namun, untuk pemain yang hanya ingin fokus bermain game, bisa mengaktifkan mode Game Focus.

Dok. GridGames/ Amalia Septiyani

Mode Game Focus di realme 10

Walaupun smartphone ini sangat cocok untuk para gamers, realme 10 punya kamera yang tak kalah keren, yakni 50MP kamera utama, 2MP B&W Camera, dan 16MP kamera selfie.

Kecepatan shutter kamera dalam mode normal tersebut akan meningkat 121% saatmengambil gambar di malam hari.

Night Mode juga ditingkatkan berkat teknologi ProLight dan algoritma flash night view.

Baca Juga: realme Siap Rilis Smartphone Gaming Kolaborasi Free Fire di Indonesia

realme 10 hadir dalam dua pilihan warna yaitu Clash White dan Rush Black.

Untuk harga, realme 10 ini dibanderol seharga Rp 3.199.000 untuk varian 8GB+8GB/128GB dan Rp 2.799.000 untuk varian 4GB+4GB/128GB.

Apakah kalian tertarik untuk memiliki smartphone ini? Nah, realme akan membuka penjualan realme 10 mulai tanggal 11 November 2022 mulai pukul 00.00 WIB. (*)

Editor : Amalia Septiyani

Baca Lainnya