Follow Us

Setelah PUBG, Kini Mobile Legends yang Diduga Haram untuk Dimainkan?

Amalia Septiyani - Kamis, 27 Juni 2019 | 13:30
Mobile Legends
Mobile Legends

Mobile Legends

GridGames.ID - Pada 19 Juni 2019 lalu, Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh telah mengeluarkan fatwa untuk mengharamkan game PlayerUnknown’s Battlegrounds atau PUBG.

Bahkan nggak cuma PUBG, Mobile Legends dan game sejenisnya pun juga ikut diharamkan. Duh!

Fatwa tersebut dikeluarkan setelah melakukan kajian dan dengar pendapat bersama pakar Informasi dan Teknologi (IT), psikolog dan Fiqh Islam secara mendalam saat sidang paripurna Ulama ke-III Tahun 2019 selama dua hari.

Baca Juga: Friendly Fire! Laporkan Temen Kamu yang Toxic di PUBG Mobile

"MPU Aceh mengeluarkan fatwa permainan game PUBG dan sejenisnya haram hukumnya di Aceh," kata Wakil Ketua MPU Aceh, Tgk Faisal Ali yang GridGames kutip dari Kompas.com.

Pertimbangan MPU Aceh mengeluarkan fatwa haram terhadap game PUBG dan sejenisnya itu karena hasil kajian pakar dan ahli, bahwa game online itu dapat mengubah perilaku dan mengganggu kesehatan.

"Hasil kajian yang kecanduan main game PUBG dan sejenisnya sangat mudah emosi, anak-anak kalau dilarang oleh orangtua cepat marah dan melawan. Kalau sudah punya istri saat dilarang juga marah sama istrinya," katanya.

MPU Aceh berharap kepada pemerintah untuk berupaya agar bisa memblokir konten-konten game PUBG dan sejenisnya, setelah mengeluarkan fatwa haram terhadap game PUBG dan sejenisnya.

"Hasil rapat, PUBG sama dengan hukum bermainnya haram. Alasan utamanya adalah karena permainan ini secara perlahan bisa membangkitkan semangat kebrutalan anak-anak, dan dampaknya bisa melahirkan perilaku yang tidak baik," tambah Faisal Ali.

Baca Juga: PUBG PC Rilis Senjata Baru Bernama Deagle, PUBG Mobile Harap Bersabar

Pasca putusan dari MPU Aceh tersebut, jadi nggak banyak hal-hal yang bersifat digital bisa dinikmati masyarakat Aceh.

Karena para ulama juga juga menyimpulkan bahwa game PUBG dan sejenisnya nggak bermanfaat bagi perkembangan anak-anak di Aceh.

Selain PUBG dan Mobile Legends, game seperti Ragnarok M: Eternal Love, Crisis Action, Modern Combat 5: Blackout, Call of Duty: Heroes, Blitz Brigade, Point Blank Mobile, Free Fire, Lords Mobile: Battle of Empire, Clash of Kings, Rise of Kingdoms, Lineage 2 Revolution.(*)

Source : Kompas.com

Editor : Rian Sidik

Baca Lainnya

Latest