Follow Us

Bukti Perjalanan Mobile Legends Bangun Ekosistem Esports Indonesia

Amalia Septiyani - Jumat, 25 Oktober 2019 | 20:00
MPL ID Season 4
Doc. Moonton

MPL ID Season 4

GridGames.ID - Mobile Legends Professional League Indonesia (MPL ID) Season 4 akan segera memasuki babak Grand Final pada akhir pekan ini.

Sejak babak Regular Season, dukungan para penggemar tidak pernah surut, justru semakin memanas menjelang puncak kejuaraan Mobile Legends terbesar di Asia ini.

Flashback sedikit, tahun 2018 bisa dikatakan sebagai awal baru kebangkitan industri esports Indonesia, meskipun telah lahir sejak beberapa tahun silam ketika World Cyber Games (WCG) digelar tahun 2003 di Mall Taman Anggrek.

Tetapi, saat itu industri eSports masih dikenal dengan turnamen game online dan belum ada pemain yang digaji hanya untuk mengejar prestasinya dalam bermain game.

Baca Juga: Menimbang Kekuatan Tim yang Lolos ke Playoffs MPL ID Season 4

Perkembangan industri ini pun seolah stagnan karena sekian banyak hambatan, hingga akhirnya meredup dan berganti generasi.

Baru pada tahun 2016, mulai muncul generasi baru yang sudah mengenal istilah esports dan konsepnya sebagai sebuah industri hiburan.

Perbedaan antara konsep turnamen game online dengan eSports

Esports adalah turnamen game online yang dipertontonkan untuk khalayak yang lebih luas.

Jadi dulu, karena keterbatasan teknologi, jaringan internet, dan keterbatasan SDM, orang yang bisa menonton turnamen game online harus datang ke lokasi karena memang belum ada live streaming-nya.

Para penontonnya pun biasanya lebih terbatas pada para pemain game tersebut.

Editor : Amalia Septiyani

Baca Lainnya

Latest