Follow Us

facebookinstagramyoutube_channeltwitter

Genre Game Hiperkasual Alami Pertumbuhan Pesat di Tengah Pandemi

Teguh Wicaksana - Rabu, 17 Juni 2020 | 12:00
Game Hiperkasual
hypercasualgames.org

Game Hiperkasual

GridGames.ID -Di tengah pandemi virus corona yang terjadi di seluruh dunia, masyarakat harus terpaksa untuk tetap beraktivitas di rumah.

Aktivitas bermain game juga menjadi meningkat, terlebih para gamers yang gemar dengan genre game kasual yang sederhana namun adiktif.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Platform Adjust, menunjukan bahwa total belanja bagi 2,7 miliar pengguna game mobile mencapai USD 77,2 miliar di tahun 2020.

Baca Juga: Belajar Bagaimana Bermain Games Dapat Meningkatkan Kreativitas Kalian

Laporan terbarudari platform pemasaran aplikasi global Adjustmemperlihatkan perkembangan genre aplikasi game yang siap memetik manfaat dari pertumbuhan ini, yakni Hiperkasual.

Genre game ini terdiri dari lightweight games yang membuat kecanduan serta dapat langsung dimainkan berulang kali.

Alley, Game Casual Tentang Mimpi Buruk Seorang Gadis

Alley, Game Casual Tentang Mimpi Buruk Seorang Gadis

Adjust menemukan bahwaaplikasi Game Hiperkasual mengalami pertumbuhan yang luar biasa di kuartal pertama tahun 2020 karena penggunaan aplikasi dan jumlah unduhan memecahkan rekor.

Baca Juga: Animal Crossing: New Horizons Terjual 11,7 Juta Unit di Seluruh Dunia

Laporan ini didasarkan pada Top 1000 dan semua aplikasi yang dilacak oleh sistem Adjust serta kampanye iklan Unity pada Q4 2019 - Q1 2020.

Peningkatan sesi bermain mengalami peningkatan karena para gamer menghabiskan lebih banyak waktu untuk bermain di rumah.

Laporan Adjust mengenai pertumbuhan minat game dengan genre kasual
Adjust

Laporan Adjust mengenai pertumbuhan minat game dengan genre kasual

Laporan tersebut memuat data sebagai berikut:

  • Jumlah sesi bermain meningkat sebesar 72% di tingkat global pada bulan Maret.
  • Cina memimpin dengan kenaikan jumlah sesi bermain lebih dari 300% pada bulan Desember 2019 - Maret 2020, diikuti oleh Korea yang mengalami kenaikan sebesar 152%.
  • Jumlah sesi bermain naik sebesar 137% di Jepang dan 69% di Jerman.
  • Kenaikan jumlah sesi bermain di AS (35%) dan Inggris (34%) cenderung lebih rendah. Sebagian besar pengguna Game Hiperkasual di AS sudah menjadi heavy gamersberkontribusi sebesar 15% dari jumlah sesi bermain di tingkat global berdasarkan rata-rata pada bulan Desember 2019 - April 2020sehingga kenaikan di kawasan ini tidak terlalu signifikan.
Baca Juga: Mengenal Peran Karakter Duelist dalam Valorant, Sang Petarung Sejati!

Biaya per Instalasi atau Cost Per Install (CPI) diberbagai kawasan tergolong rendah.

Laporan Cost per Install dari Adjust
Adjust

Laporan Cost per Install dari Adjust

Secara umum, CPI menurun sebesar 35% pada akhir bulan Maret, tetapi biaya akuisisi pengguna di AS masih lebih dari dua kali lipat biaya akuisisi pengguna di EMEA ($0,19).

Akan tetapi, pemasar juga memperoleh tingkat konversi paling tinggi (17%) di AS, negara dengan standar emas pengguna aplikasi Game Hiperkasual.

Pada periode yang sama, biaya akuisisi pengguna di APAC menurun tajam menjadi sekitar $0,20.

Di tingkat global, CPI jauh lebih rendah, dengan rata-rata sebesar $0,17 pada Q1 2020.

Hal ini mungkin diakibatkan oleh dampak dari CPI yang jauh lebih rendah di LATAM, khususnya negara-negara seperti Brasil dan Meksiko, dengan basis pengguna yang besar dan sangat tertarik dengan game seperti ini.(*)

Baca Juga: REVIEW Valorant: Perpaduan Konsep Modern dengan Sentuhan Klasik

Editor : Grid Games

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular

x