Follow Us

Pengadilan Tolak Tuntutan Epic Games pada Apple, Gimana Nasib Fortnite?

Gama Prabowo - Senin, 13 September 2021 | 11:00
Fortnite di iPhone
Dexerto

Fortnite di iPhone

GridGames.ID - Fortnite terancam tak bisa kembali rilis di perangkat iOS karena putusan pengadilan antara Epic Games vs Apple.

Pengadilan federal Amerika Serikat untuk distrik California baru-baru ini mengumumkan putusannya terkait masalah Epic Games vs Apple.

Keputusan pengadilan menyebutkan bahwa Epic Games harus membayar 3,6 juta US Dollar kepada Apple atas tindakannya yang memberlakukan pembayaran pihak ketiga di luar aplikasi.

Baca Juga: Epic Games Minta Apple Rilis Ulang Fortnite di iPhone, Ini Alasannya!

Kerugian yang dialami Epic Games atas hasil putusan persidangan masih tak seberapa dibandingkan dengan Apple.

Pengadilan federal California memutuskan bahwa pemerintah negara bagian diminta untuk membuat peraturan agar App Store tak menjalankan model bisnis monopolistik.

Pengadilan juga memutuskan bahwa developer nantinya bakal diperbolehkan untuk memasukan mekanisme pembayaran mandiri di aplikasi mereka.

Baca Juga: Fortnite Diduga Jiplak Mekanisme Game Among Us, Ini Respon Innersloth

Jika putusan tersebut diterapkan, Apple secara otomatis kehilangan banyak keuntungannya dari 'pajak' 30% yang mereka terapkan untuk setiaptransaksi dalam aplikasi App Store.

Lalu, bagaimana nasib Fortnite di perangkat iOS? Simak penjelasan di halaman berikutnya.

Hasil persidangan Epic Games vs Apple ini bisa dibilang merugikan kedua belah pihak.

Epic Games harus membayar kepada Apple 3,6 juta US Dollar, tak mendapatkan ganti rugi atas tuntutan mereka, serta biaya hukum yang tak dikembalikan.

Editor : Amalia Septiyani

Baca Lainnya

Latest