Follow Us

Menakar Industri Esport, Sandiaga Uno: Kini Esport Sedang Lucu-lucunya

Amalia Septiyani - Kamis, 28 Oktober 2021 | 12:30
Sandiaga Uno, dalam diskusi panel online bertajuk Pertumbuhan cepat, inovasi serta peran industri game dan esports di Indonesia (27/10)

Sandiaga Uno, dalam diskusi panel online bertajuk Pertumbuhan cepat, inovasi serta peran industri game dan esports di Indonesia (27/10)

GridGames.ID - Industri game di dunia, bahkan di Indonesia, kini terhitung memiliki perkembangan yang cukup pesat dan terus menanjak.

Hal tersebut dibuktikan dari data Sensor Tower pada kuartal pertama tahun 2021, Indonesia menempati posisi ketiga, setelah India dan Brazil.

Padahal sebelumnya, pada kuartal pertama tahun 2020 sebanyak 628 juta unduhan naik menjadi 790 juta unduhan, bertambah 26% sebagai negara yang paling banyak mengunduh aplikasi game di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Sekjen PBESI Klarifikasi Aturan Kontroversial Game di Indonesia

Industri game telah membawa sebuah industri terbaru yang menjadi fenomena dunia dan naik daun di Indonesia yaitu industri esport.

Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengatakan, “Esport itu seperti pandemic winner, karena ditengah-tengah pandemi dan tantangan ekonomi, esport menjadi salah satu yang menunjukkan tren kenaikan positif dengan jumlah pertumbuhan 4,47% tertinggi kedua setelah subsektor televisi dan radio.”

Diskusi panel online bertajuk Pertumbuhan cepat, inovasi serta peran industri game dan esports di Indonesia (27/10)

Diskusi panel online bertajuk Pertumbuhan cepat, inovasi serta peran industri game dan esports di Indonesia (27/10)

Uniknya, dalam diskusi panel online bertajuk Pertumbuhan cepat, inovasi serta peran industri game dan esports di Indonesia, Sandiaga mengatakan bahwa kini esport sedang lucu-lucunya berkembang, baik dari segi penonton, pemain maupun pengembangannya.

Hal ini terlihat dari pasar esport global yang mendapatkan 1.6 triliun dolar pada tahun 2020, dan Indonesia mempunyai 60 juta pemain esport atau gamer yang menunjukan pertumbuhan sehat.

Baca Juga: Beri Dukungan ke PBESI Solo, Gibran Rakabuming Ingin Anak Muda Punya Masa Depan di Bidang Esports

Pengembangan esports adalah salah satu janji presiden yang tercantum di dalam program prioritas nasional pada tahun 2021.

Di tahun sebelumnya, pemerintah juga telah menetapkan esports sebagai cabang olahraga, dengan secara resmi memasukkan esport sebagai salah satu cabang dilombakan di kancah internasional seperti Asian Games 2018, SEA Games 2019 dan di kancah nasional, yaitu PON XX Papua yang baru saja berakhir bulan lalu.

Editor : Amalia Septiyani

Baca Lainnya

Latest