Follow Us

Terkait Masalah dengan Publisher Asing, CEO Toge Productions Sebut Biasa Terjadi dalam Bisnis

Amalia Septiyani - Kamis, 20 Oktober 2022 | 15:10
Kris Antoni, CEO Toge Productions saat sesi wawancara dalam acara IGDX 2022 di The Stones, Bali (16/10).
Dok. GridGames/ Amalia Septiyani

Kris Antoni, CEO Toge Productions saat sesi wawancara dalam acara IGDX 2022 di The Stones, Bali (16/10).

*Menambahkan tanggapan dari Toge Production terkait artikel ini setelah tayang. Judul juga diganti sesuai konteks hak jawab dari Toge Production*

GridGames.ID - Toge Productions bersama Mojiken Studio, awalnya berencana untuk merilis sebuah game berjudul "A Space for the Unbound".

Namun, peluncuran game tersebut harus ditunda karena adanya masalah dengan PQube yang diumumkan langsung di Twitter @ASFTUgame pada Agustus 2022 lalu.

Kini permasalahan antara Toge Productions, Mojiken Studio dan publisher asing tersebut telah selesai, di mana kabar ini diumumkan di Twitter pada 14 Oktober lalu.

Semua hak yang seharusnya didapatkan kedua pengembang game asal Indonesia itu, sudah bisa mereka ambil, termasuk hak perilisan secara global.

PQube akan tetap menjadi publisher langsung untuk perilisan game A Space for the Unbound versi PC, sedangkan untuk perilisan versi konsolnya, dibesut langsung oleh Chorus Worldwide.

Baca Juga: Toge Productions Resmi Akuisisi Developer Game Lokal Asal Kediri

Menurut Kris Antoni, CEO dari Toge Productions, kasus ini sudah biasa terjadi dalam perjanjian bisnis yang bukan hanya dalam industri game saja.

Penjelasan ini hanya tanggapan dari CEO Toge Productions saja, di mana artikel ini telah ditanggapi oleh pihak Toge Productions yang menjelaskan bahwa ini bukan statement resmi dari mereka.

"Memang sudah biasa ada di dalam perjanjian bisnis. Misalnya apa yang sudah tertulis di kontrak dan apa yang terjadi di kenyataan bisa berbeda, kita nggak bisa tau. Sampai suatu hari ternyata begini (tidak sesuai perjanjian), dan terjadilah pergesekan atau konflik. Jadi ya, i think itu hal yang sering terjadi di industri bisnis, jadi memang tidak spesifik cuma di game," katanya kepada GridGames saat acara IGDX 2022 di The Stones, Bali (16/10/2022).

Editor : Amalia Septiyani

Baca Lainnya

Latest