Follow Us

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Lokapala Perkenalkan Ksatriya Guning

Amalia Septiyani - Sabtu, 29 Oktober 2022 | 09:40
Ksatriya Guning Lokapala
Anantarupa Studios

Ksatriya Guning Lokapala

GridGames.ID - Lokapala mengajak para pemain untuk mengenal Ksatriya bernama Guning di peringatan Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober kemarin.

Nama Ksatriya Guning memiliki arti Gu (ancient) dan Ning (awal), yang terinspirasi dari sosok Kapiten Souw Pan Chiang dan Raden Mas Garendi yang sama-sama berjuang dalam pertempuran melawan VOC.

Bersatunya dua sosok yang punya latar belakang suku dan agama yang berbeda ini menunjukan bahwa eksistensi pluralisme sejatinya sudah ada sejak jaman penjajahan Hindia Belanda.

Ninoi Kiling, IP & Development Lead Anantarupa Studios, menambahkan “Semangat Sumpah Pemuda mempersatukan keanekaragaman berbagai warisan dan sejarah budaya Nusantara. Kami berharap warisan ini dapat menginspirasi para gamers Indonesia untuk lebih mengembangkan sikap menghargai dan mengutamakan kebhinekaan. Sumpah pemuda menjadi momen yang tepat untuk memperkenalkan sosok inspiratif di balik Ksatriya Guning.”

Baca Juga: Ini Alasan Piala Presiden Esports 2022 Pertandingkan Game Lokal

Tragedi Geger Pacinan yang diawali dengan pembantaian 10 ribu orang Tionghoa oleh VOC di Batavia tahun 1740 menyulut berbagai aksi pemberontakan orang Tionghoa terhadap VOC.

Awalnya ada rasa curiga dan ketidakpercayaan ketika Kapiten Souw Pan Chiang bertemu dengan Raden Mas Garendi karena peristiwa pengkhianatan yang dilakukan oleh raja Mataram yaitu Pakubuwana II.

Fun fact Ksatriya Guning Lokapala
Anantarupa Studios

Fun fact Ksatriya Guning Lokapala

Seiring berjalannya waktu, mereka bisa membentuk ikatan persahabatan karena mempunyai kepentingan yang sama, yaitu mengusir kompeni dari tanah Jawa.

Puncaknya adalah penyerbuan Keraton Surakarta pada 30 Juni 1742, di mana mereka berhasil membuat VOC melarikan diri dan mengambil alih Keraton Surakarta.

Pada 1 Juli 1742, Sunan Kuning secara resmi bertahta di Kartasura.

Editor : Grid Games

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular