Follow Us

Perbedaan Game Genre RPG dan MMORPG yang Masih Sulit Dibedakan

Amalia Septiyani - Jumat, 28 September 2018 | 20:45
Dragon Nest M
Screenshot Dragon Nest M

Dragon Nest M

GridGames.ID - Bermain game memang menjadi kebiasaan dimasa sekarang ini, apalagi ketika game semakin diangkat menjadi sebuah ajang pertandingan nasional maupun internasional.

Dari sekian banyak genre game, ada RPG dan MMORPG yang pastinya nggak asing ditelinga kalian yang sehari-harinya menghabiskan waktu untuk bermain game.

Nggak sedikit juga yang mengira kalau RPG dan MMORPG itu sama, padahal ada perbedaan dari keduanya.

Baca Juga : Stereotip Gamer Kini Udah Berubah, Main Game Sekarang Dianggap Keren

1. RPG

RPG adalah singkatan dari Role Playing Game yang cara bermainnya adalah kita akan masuk dalam game dan memerankan seorang karakter pada game tersebut.

Biasanya, tokoh yang akan kita pilih dalam game diantaranya ada Mage, Archer, Fighter, Assassin dan lain-lain tergantung dengan apa yang ada di dalam game, karena setiap game bergenre RPG pasti memiliki tokoh role karakter yang berbeda-beda.

Setelah memilih karakter, kalian akan dibawa menuju suatu cerita panjang yang harus kalian ikuti alurnya.

Pada game bergenre RPG ini, pemain biasanya bermain sendiri untuk menyelesaikan quest sebagai syarat untuk menaikkan level di game yang kalian mainkan.

Dikutip dari Wikipedia, dalam permainan jenis RPG ini bakal jarang kita temukan menang atau kalah, karena RPG lebih mengarah ke kolaborasi sosial daripada kompetisi.

Contoh game bergenre RPG adalah Final Fantasy dan Dragon Nest.

Editor : Rian Sidik

Baca Lainnya

Latest