GridGames.ID - Tahun 2021 menjadi tahun dengan penyebaran epidemi luar negeri yang semakin meluas.
Hal tersebut memberikan dampak terhadap perkembangan industri di luar negeri yang tertahan bahkan berhenti.
Dengan situasi seperti ini, khalayak lebih memilih untuk meluangkan waktu di rumah dan bermain game sebagai hiburannya.
Game mobile pun menjadi pilihan, hingga menjadikan bisnis game sebagai peluang baik bagi perusahaan-perusahaan.
Baca Juga: CEO Take Two Sebut Kejayaan Industri Game Masa Pandemi Akan Berlanjut
Pada tahun 2020, didorong oleh pesatnya perkembangan industri game mobile, pengiklan global meningkat secara signifikan.
Dilihat dari data SocialPeta, jumlah pengiklan di sebagian besar wilayah menunjukkan tren yang menurun dan hanya pengiklan Amerika Utara dan Oseania yang meningkat.
Diantaranya, jumlah pengiklan di Amerika Utara meningkat paling banyak, yakni mencapai 19,79 persen.
Baca Juga: Netflix Dilaporkan Merambah Industri Game, Saingi Apple Arcade!
Tren keseluruhan dari jumlah pengiklan aktif harian meningkat, terutama dari Januari hingga April.
Tren jumlah bahan harian kurang lebih sama dengan tren pengiklan harian.
Jumlah material pada April mencapai puncaknya pada paruh pertama 2021, yakni melebihi 7 juta.
Baca Juga: Keren! Perusahaan Video Game Bersatu Membantu Rumah Sakit Anak-Anak
Materi jenis video juga masih dominan, sekitar 87,64 persen dan proporsinya meningkat 17,51 persen dibandingkan semester pertama tahun lalu.
Untuk sistem distribusi pengiklan, pengiklan Android menyumbang proporsi yang lebih tinggi, yaitu mencapai 58 persen.
Baca Juga: Menilik Tren dan Statistik Industri Game Mobile di Tahun 2020
Kali ini GridGames bakal menganalisis wilayah aktif game mobile global di wilayah Amerika Serikat, Rusia dan Asia Tenggara.
Amerika Serikat
Amerika Serikat memiliki pasar mobile luar negeri terbesar di dunia dan jumlah pengguna mobile terbesar.
Berdasarkan data dari SocialPeta, di Semester pertama 2021, jumlah rata-rata pengiklan aktif harian di Amerika Serikat sedikit meningkat, jumlah rata-rata sekitar 9,5 ribu.
Dalam hal jumlah material, ada tren naik yang jelas, mencapai puncaknya sekitar pertengahan April, jumlahnya sekitar 5,46 juta.
Baca Juga: Sandiaga Uno Optimis Pertumbuhan Esports di Indonesia Semakin Maju
Menurut bagan di bawah, pengiklan game kasino menunjukkan keuntungan besar, dan peringkat teratas sebagian besar adalah game kasual.
Peringkat teratas masih didominasi oleh pengiklan Android, dan sebagian besar pengiklan masih lebih memilih jaringan di bawah nama besar Facebook sebagai saluran periklanan utama.
Baca Juga: Pendapatan Video Games Lebih Banyak Dibanding Film Dan Acara Sports!
Rusia
Sebagai salah satu pasar mobile terbesar di Eropa, Rusia memiliki pengguna mobile dalam jumlah besar (dan masih terus bertambah) dan berpotensi untuk menghasilkan keuntungan yang besar.
Hampir setengah dari penduduk Rusia adalah pemain game, dan mereka menghabiskan sekitar USD 1,7 miliar di area ini setiap tahun.
Jumlah pengiklan aktif harian di Rusia sangat stabil, pada dasarnya mempertahankan sekitar 4k.
Dalam hal materi kreatif, pasar Rusia menunjukkan tren kenaikan sebelum April.
Baca Juga: Wajib Nonton! Rekomendasi 5 Film yang Diadaptasi Dari Video Game
Mencapai puncaknya sekitar 2,5 juta, tetapi jumlah bahan harian rata-rata mulai terus menurun sejak April, dan masih belum ada tanda-tanda kenaikan sejauh ini.
Di pasar Rusia, pengiklan game SLG dan STG menempati daftar teratas.
Dibandingkan dengan pasar Amerika Serikat, proporsi game mid-core dan hardcore jelas lebih tinggi.
Dan nggak banyak perbedaan antara jumlah pengiklan Android dan pengiklan iOS.
Baca Juga: Among Us Jadi Game Terfavorit di Nickelodeon Kids Choice Awards 2021
Asia Tenggara
Menurut statistik, Asia Tenggara menjadi kawasan dengan pertumbuhan tercepat di industri game.
Seluruh wilayah Asia Tenggara memiliki lebih dari 9,5 juta pemain game, dan pendapatan tahunan game melebihi USD 40 miliar.
Pada saat yang sama, industri game mobile mendominasi pasar game di kawasan ini, dan pendapatan game mobile menyumbang sekitar 70 persen dari total pendapatan game di kawasan itu, menjadikan kawasan ini salah satu pasar game mobile dengan pertumbuhan tercepat di dunia.
Baca Juga: Keren! Perusahaan Video Game Bersatu Membantu Rumah Sakit Anak-Anak
Jumlah pengiklan dan materi aktif harian di Asia Tenggara lebih rendah daripada di AS, tetapi tren keseluruhan pada dasarnya sama.
Jumlah pengiklan aktif harian di Asia Tenggara relatif stabil, pada dasarnya di kisaran 5.6k-5.8k.
Untuk bahan kreatif, pasar ini menunjukkan tren naik sebelum bulan April mencapai puncaknya sekitar 3,8 juta di awal bulan April, kemudian rata-rata jumlah bahan harian mulai terus menurun. (*)
Baca Juga: Ini Dia 4 Pilihan Jurusan Kuliah yang Cocok Untuk Para Gamers