Mau Belajar Membuat Game Sendiri? Yuk Ikut Kelas Unity 3D Game Development, Cocok Buat Pemula!

Selasa, 20 Desember 2022 | 13:46
Dok. Onetwocode Indonesia

Kursus programming di Onetwocode Indonesia menggunakan sistem belajar semi-privat agar proses belajar lebih intens.

GridGames– Seiring dengan perkembangan teknologi, industrigamedi dunia terus berkembang pesat. Bahkan, industrigamejadi salah satu penggerak ekonomi di berbagai negara.

Menurut studi, game mobile diprediksi bakal menghasilkan pendapatan sekitar 91,4 miliar dollar Amerika Serikat (AS) tahun ini. Jumlah itu hampir 45 persen dari total industri game secara keseluruhan.

Di Indonesia sendiri, industrigamemenyumbang pendapatan sebesar 1,1 miliar dollar AS pada 2021. Menurut data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo),game mobilepaling diminati dengan jumlah pemain sebanyak 133,8 juta.

Enggak heran, naiknya popularitas industrigamemembuat banyak orang ingin membuat dan mengembangkangamesendiri. Apalagi, banyakgame developeryang terbukti sukses meraup banyak keuntungan dengan menciptakan inovasigamesederhana.

Baca Juga: Jelang Akhir Tahun, PUBG MOBILE Hadirkan Rangkaian Event Holiday Miracle

Sebagai contoh, Stairway Games,gamedeveloperasal Yogyakarta yang sukses meluncurkan Coral Island pada 2021.Gameyang didesain untukpersonal computer(PC) ini sukses memecahkan rekor kampanye Kickstarter dengan meraup total Rp 23 miliar.

Pendapatan tersebut jauh lebih besar dari target awal. Terbaru, Stairway Games menggelontorkan dana hingga 300.000 dollar AS untuk melakukanportingCoral Islandke konsol sehinggadapat dimainkan di PlayStation (PS) 4, Xbox One, dan Nintendo Switch.

Membuatgamebagi pemula

Pada dasarnya, semua orang bisa menjadi pembuatgameataugame developer. Namun, mempelajaricara membuatgamedari nol mungkin bakal cukup menantang, terutama jika kamu belum punya pengalaman.

Salah satu hal dasar yang perlu disiapkan sebelum membuatgameadalah konsep dan desaingame. Kamu perlu melakukan riset untuk menentukan konsep, alur cerita, misi, hingga fitur-fitur dalam permainan.

Baca Juga: Perkenalkan Game Lokal ke Mata Dunia, Lokapala Hadir di Main Stage IESF 2022

Selain itu, kamu juga perlu menentukan desaingame. Langkah ini termasuk membangun tokoh atau karakter, budaya, bahasa, dan tampilan latar belakang padagame.

Hal yang enggak kalah penting untuk dipersiapkan selanjutnya adalah pemrograman. Dalam proses ini, kamu membutuhkan pemahaman tentang bahasa pemrograman agar dapat mengembangkangamedengan maksimal.

Kabar baiknya, buat kamu yang enggak punya atau hanya punya sedikit pengalamandi bidangpemrograman dancoding, kini hadirkelas membuat gamedari Onetwocode Indonesia, yaitu Unity 3D Game Development.

Dok. Onetwocode Indonesia

Kelas Unity 3D Game Development dari Onetwocode Indonesia menggunaan Unity Engine.

Di kelas Unity 3D Game Development, kamu akan belajar cara membuatgametiga dimensi menggunakan Unity Engine dari nol. Selama belajar, kamu akan dibimbing oleh paragame developerprofesional.

Baca Juga: UPoint Games Akan Merilis Game Horor 'Cursed Mansion' Awal Tahun 2023

Kelas Unity 3D Game Development dari Onetwocode Indonesia merupakan satu-satunya kursus membuat game di Indonesia yang mempelajari pembuatan game tiga dimensi dengan menggunakan Unity Engine.

Sebagai informasi, Unity Engine merupakansoftwareyang mendukung bahasa pemrograman #C, yaitu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang didesain untuk penggunaan sehari-hari (general purpose). Oleh sebab itu, Unity Engine cocok digunakan oleh pemula.

Unity Engine memiliki platform dokumentasi, support community, dan third party libraries yang beragam dan mudah dicari. Untuk memudahkan pengguna dalam mengembangkan game, software ini pun dapat diaplikasikan pada multi-platform.

Beberapagamepopuler yang dikembangkan dengan menggunakan Unity Engine adalah Genshin Impact, Among Us, dan Pokemon Go.

Baca Juga: Niantic Inc. Resmi Merilis Pokemon Go dalam Bahasa Indonesia

Kelas Unity 3D Game Development sendiri bersifat semi-privat dengan jumlah peserta maksimal 6 orang per kelas. Pembelajaran dilakukan secara intensif dan dua arah sehingga kamu dapat belajar dengan maksimal.

Peserta akan mendapatkan aksesunlimiteduntuk materi belajar, rekaman video kelas, dan grup diskusi alumni. Setelah seluruh program kelas berakhir, peserta juga akan mendapatkan sertifikat keikutsertaan dari Onetwocode Indonesia.

Kelas Unity 3D Game Development tersedia secara offline dan online. Untuk pembelajaran offline, kamu dapat mengunjungi kantor Onetwocode Indonesia secara langsung di Ruko Daan Mogot Baru, Jalan Utan Jati Nomor 24, RW 12, Kalideres, Kecamatan Kalideres, Kota Jakarta Barat.

Sementara itu, jika ingin mengikuti kelas Unity 3D Game Development secaraonline, kamu dapat mendaftarkan diri melalui situs web Onetwocode Indonesiadi sini.Program ini juga menyediakan opsi pembayaran dengan cicilan hingga 12 bulan tanpa bunga.

Tertarik mengembangkangamesendiri dan menjadigame developerprofesional? Intip informasi selengkapnya seputar kelas Unity 3D Game Developmentdi sini.

Editor : Sheila Respati