Follow Us

Hubungan Industri Mobile dengan Ledakan Antusiasme Pasar Esports

Amalia Septiyani - Jumat, 22 November 2019 | 18:00
Antusiasme penggemar eSports di Indonesia saat MPL ID Season 4
Moonton

Antusiasme penggemar eSports di Indonesia saat MPL ID Season 4

GridGames.ID - Bicara soal sejarah perkembangan eSports di Indonesia, besarnya antusiasme para fans eSports selama 3 tahun terakhir ini bisa dibilang sebagai gelombang kedua geliat industri eSports Indonesia.

Gelombang pertamanya muncul pertama di sekitar tahun 2003 saat maraknya gelaran World Cyber Games (WCG).

Gelombang kedua alias saat ini, salah satunya bisa digambarkan saat belasan ribu orang memadati Tennis Indoor Stadium, Gelora Bung Karno, pada Grand Final MPL Indonesia Season 4 (26-27 Oktober 2019).

Meskipun antusiasme kala itu memang masih jauh sekali jika dibandingkan dengan gelombang kedua kali ini.

Ada banyak faktor, salah satu faktor terbesar yang paling berpengaruh adalah perkembangan industri mobile secara umum di Indonesia.

Baca Juga: Jadi Tim Terkuat, EVOS Legends Juarai M1 World Championship 2019

Pasalnya, di gelombang pertama tadi, eSports di Indonesia memang masih seputar game-game PC, sedangkan sekarang, pasarnya bergeser ke mobile gaming.

Menurut data yang diungkap oleh Newzoo, global gaming market akan menghasilkan pendapatan sebesar US$152,1 miliar dengan kenaikan sebesar +9,6% per tahun.

Dari angka tersebut, sebagian besar akan berasal dari segmen mobile gaming yang akan menghasilkan US$68,5 miliar dan mengambil market share sebesar 45%.

Indonesia sendiri dipandang Black Shark sebagai pasar gaming paling menjanjikan di regional Asia Tenggara karena menjadi pasar digital dengan pertumbuhan tercepat dan terbesar.

Hasil riset Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang digelar dari Maret - April 2019 menunjukkan bahwa pengguna internet Indonesia sudah mencapai angka 171,17 juta jiwa alias 64,8 persen dari total penduduk Indonesia yang berjumlah 262 juta.

Jika kita asumsikan total pengguna internet kabel di Indonesia ada di 7,5 juta, berarti angka tersebut baru 4% dari total pengguna internet keseluruhan.

Editor : Amalia Septiyani

Baca Lainnya

Latest