Follow Us

Peran Penting Pelatih dan Rencana Tim-Tim MPL untuk MPL ID Season 5

Amalia Septiyani - Selasa, 31 Desember 2019 | 13:35
EVOS Legends bersama pelatihnya, Bjorn Ong, di M1 World Championship
GridGames

EVOS Legends bersama pelatihnya, Bjorn Ong, di M1 World Championship

GridGames.ID - Peran pelatih memang menjadi salah satu yang paling penting untuk performa para atlet di dalam sebuah tim esports.

Seperti tim-tim yang bertanding di Mobile Legends: Bang Bang Professional League Indonesia (MPL ID) sebenarnya nggak hanya soal para pemainnya.

Namun juga soal profesionalisme manajemen dan adu strategi para pelatihnya.

Baca Juga: Prestasi EVOS Membawa Indonesia di Kejuaraan Esports Tingkat Dunia

Wibi “8Ken” Irbawanto, salah satu shoutcaster untuk MPL ID S4, mengungkap bahwa pelatih menjadi sosok yang kian penting semakin tinggi tingkat kompetitif suatu liga serta orang keenam dalam suatu tim yang membantu para pemain mendapatkan pandangan yang berbeda dengan perspektif yang lebih luas.

“Layaknya peribahasa gajah di pelupuk mata tak tampak, semut di seberang lautan tampak, kadang pemain sulit mengidentifikasi isu-isu yang terjadi dengan dirinya dan tim mereka. Karena itu, pelatih hadir untuk membantu mengidentifikasi masalah tersebut dan menemukan solusi yang relevan untuk memperbaiki performa tim. Ada atau tidak adanya pelatih dapat menentukan beratnya beban para pemain dalam berlatih setiap harinya. Dengan adanya pelatih, pemain bisa lebih banyak meluangkan waktu dalam memperbaiki permainan mereka karena pelatih sudah memangkas beban melakukan identifikasi masalah dan pencarian solusi,” ujar 8Ken.

Selain 8Ken, Ade Setiawan, seorang Data Analyst MLBB untuk EVOS Esports, juga menyampaikan pendapatnya terkait peran pelatih dalam suatu tim.

“Peran pelatih, menurut saya, pastinya mengarahkan tim agar bisa jadi lebih baik dari segi individu maupun secara tim sehingga bisa membawa mereka menjadi pemenang. Seorang pelatih juga harus bisa memahami situasi dalam tim dan mencari solusi jika terjadi sebuah perbedaan pendapat dalam tim. Jadi, diperlukan sebuah ide yang cemerlang atau pemikiran out-of-the-box agar bisa menjadi pelatih yg hebat. Dan, yang paling penting menurut saya, pelatih yang hebat adalah mereka yang bisa berteman dekat dengan timnya. Karena dari kedekatan individu. kita mampu memelajari serta memahami sesuatu hal lebih cepat dari biasanya. Jadi bukan hanya sekedar partner kerja saja atau pembuat strategi semata,” ujar Ade.

Nggak sedikit orang yang mengatakan bahwa Bjorn Ong menjadi faktor penentu atas kemenangan EVOS Esports di MPL ID S4 dan M1 World Championship 2019.

Namun demikian, meski coach yang satu ini juga berhasil menghantarkan EVOS SG jadi juara MPL MY/SG Season 4, performa tim tersebut di M1 terbilang mengecewakan karena tidak lolos babak grup.

Ade pun memberikan komentarnya terhadap sang coach EVOS.

Editor : Amalia Septiyani

Baca Lainnya

Latest