Follow Us

Industri Game Berpotensi untuk Pulihkan Kembali Perekonomian Indonesia

Amalia Septiyani - Jumat, 10 Desember 2021 | 10:00
Ilustrasi bermain game PUBG di Android 12
Somag News

Ilustrasi bermain game PUBG di Android 12

GridGames.ID - Beberapa tahun terakhir, industri game dan esports mengalami pertumbuhan yang pesat, khususnya di Indonesia.

Menurut Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), industri game menjadi salah satu industri yang tetap tumbuh di saat pandemi.

Industri game menyumbang Rp24,88 triliun atau sekitar 2,19% terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia di 2020.

Bahkan, industri game yang masuk ke dalam program prioritas nasional 2021, menempati posisi ketujuh penyumbang terbesar terhadap PDB ekonomi kreatif Indonesia.

Baca Juga: Sekjen PBESI Klarifikasi Aturan Kontroversial Game di Indonesia

Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengungkapkan bahwa di tengah pertumbuhan negatif PDB ADHK sebesar minus 2,39%, subsektor game justru menjadi pandemic winner dengan mengalami pertumbuhan sebesar 4,47%.

Besarnya potensi industri game Tanah Air juga terlihat dari hasil riset oleh sejumlah lembaga internasional yang menunjukkan tren pertumbuhan.

Menurut Statista, jumlah pemain game online di Indonesia mencapai 54,7 juta pada 2020, 24% meningkat dibandingkan pada tahun 2019 sebanyak 44,1 juta.

Sementara menurut Newzoo, Indonesia ada di posisi delapan industri industri mobile game dunia dengan nilai mencapai USD 1,5 miliar.

Baca Juga: Beri Dukungan ke PBESI Solo, Gibran Rakabuming Ingin Anak Muda Punya Masa Depan di Bidang Esports

Data juga menunjukkan porsi unduhan mobile game Indonesia sebagai yang terbesar di Asia Tenggara.

Editor : Amalia Septiyani

Baca Lainnya

Latest