Follow Us

Steam dalam Proses Daftar PSE Kominfo, Kapan Bisa Diakses Lagi?

Gama Prabowo - Minggu, 31 Juli 2022 | 17:45
Ilustrasi Dirjen Aptika Kominfo mengumumkan bahwa Steam sedang dalam proses pendaftaran PSE
Kompas/Steam

Ilustrasi Dirjen Aptika Kominfo mengumumkan bahwa Steam sedang dalam proses pendaftaran PSE

GridGames.ID - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) angkat bicara terkait kisruh pemblokiran platform Steam.

Kominfo mengungkapkan bahwa pemblokiran tak bersifat permanen, karena Steam dalam proses pendaftaran PSE Kominfo.

Jika proses pendaftaran Steam di situs resmi PSE Kominfo telah usai, masyarakat dapat mengakses kembali platform Steam dengan normal.

Artinya, gamer di Indonesia segera bisa memainkan game Dota 2, CS GO, Team Fortress, Half-Life, dan game besutan Valve lainnya.

Baca Juga: Steam Diblokir Kominfo, Developer Game Lokal: Kami Dirugikan

Dalam konferensi pers Kominfo pada Minggu (31/7), Dirjen Aptika Kominfo Semuel A. Pangerapan mengatakan bahwa Kominfo tengah berkomunikasi dengan Steam terkait proses pendaftaran tersebut.

"Kami sudah berhasil mengontak Steam, Dota, dan Counter Strike, ada korespondensi," ujar Semuel dalam konferensi pers, sebagaimana dikutip dari Tekno Kompas.

"Mereka mengatakan sedang memproses pendaftaran PSE. Mudah-mudahan dala waktu dekat ini akan melengkapi dan dalam waku dekat masyarakat bisa menggunakan kembali," sambung Semuel.

Baca Juga: Game Lokal Kena Imbas Akibat Steam Diblokir, Kominfo Minta Maaf

Meski telah mengungkapkan bahwa Steam dalam proses pendaftaran, Kominfo tidak memberi kejelasan kapan Steam, Dota 2, dan CS GO dapat diakses kembali dengan normal.

Semuel hanya menjelaskan bahwa blokir akan dicabut jika proses pendaftaran sudah selesai.

"Kami berkomunikasi lewat email. Jadi mohon maaf kepada teman-teman yang main game, sementara waktu ini masih ada kendala," ujar Semuel.

Editor : Randy Fauzi F

Baca Lainnya

Latest