Follow Us

Sebelum Avatar, Lokapala Telah Merilis Ksatriya yang Terinspirasi dari Masyarakat Bajo

Amalia Septiyani - Jumat, 30 Desember 2022 | 09:15
Lando, Ksatriya Lokapala yang terinspirasi dari Suku Bajo
Anantarupa Studios

Lando, Ksatriya Lokapala yang terinspirasi dari Suku Bajo

GridGames.ID - Setelah penayangan serentak film Avatar: The Way of Water di seluruh dunia, masyarakat Bajo kini tengah hangat diperbincangkan.

Pasalnya, suku dari Indonesia yang dikenal sebagai penyelam handal itu hadir di dalam film Hollywood karya James Cameron tersebut.

Penulis sekaligus sutradara ini menjelaskan bahwa masyarakat Bajo menjadi salah satu inspirasi dalam konsep suku Metkayina di dalam film terbarunya, Avatar: Way of Water.

Namun ternyata, suku Bajo tidak hanya tergambarkan dalam media populer seperti Avatar.

Di tahun 2021, game Lokapala ternyata sudah pernah menampilkan masyarakat Bajo dalam salah satu Ksatriya mereka yang bernama Lando.

Baca Juga: Perkenalkan Game Lokal ke Mata Dunia, Lokapala Hadir di Main Stage IESF 2022

“Sebagai negara biodiversity kedua di dunia, Indonesia punya tanggung jawab dalam menjaga ekosistem dan biota laut dunia, khususnya terumbu karang. Tercatat ada lebih dari 500 jenis terumbu karang di segitiga koral yang kini sepertiga kondisinya sangat memprihatinkan. Kami berharap kedepannya generasi muda Indonesia lebih sadar dan peduli terkait isu lingkungan laut Nusantara.” kata Ninoi Kiling, IP & Development Lead Anantarupa Studios.

Sebagai masyarakat bahari, gaya hidup dan budaya masyarakat Bajo tidak dapat dipisahkan dengan laut.

Malah, keseganan masyarakat Bajo terhadap laut sangat terlihat bahkan dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Contohnya, mereka menggunakan peralatan sederhana untuk menangkap ikan dan memiliki pantangan untuk membuang sampah rumah mereka di laut.

Mereka percaya bahwa melanggar kedua hal ini akan berakibat datangnya bencana laut, seperti rusaknya kelestarian dan ekosistem laut, terutama terumbu karang.

Editor : Grid Games

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular