Follow Us

Indonesia dan Soft Power K-Pop: Inspirasi dari Industri Game Korea

Amalia Septiyani - Minggu, 26 Mei 2024 | 15:00
Indonesia dan Soft Power K-Pop: Inspirasi dari Industri Game Korea

GridGames.ID - Akhir pekan lalu, Indonesia kedatangan grup band asal Korea Selatan, NCT, yang menggelar konser di Gelora Bung Karno.

Tiket untuk acara ini terjual habis bahkan sejak beberapa bulan lalu, menandakan betapa kuatnya basis penggemar K-Pop di Indonesia.

Fenomena ini merupakan contoh nyata dari soft power Korea Selatan melalui Intellectual Property (IP) yang memanfaatkan budaya K-Pop untuk merambah pasar internasional, termasuk Indonesia.

IP sebagai Ujung Tombak Soft Power

Nilai ekspor industri hiburan Korea Selatan tahun 2021 menunjukkan keberhasilan strategi soft power mereka.

Meskipun pendapatan dari ekspor industri musik Korea Selatan mencapai 775 juta dolar AS (setara 12,4 triliun Rupiah), angka ini masih jauh tertinggal dibandingkan dengan industri game yang berhasil membukukan 8,7 miliar dolar AS (setara 137,3 triliun Rupiah).

Nilai ekspor industri game bahkan 12 kali lebih besar dibandingkan industri musik, menunjukkan potensi besar sektor ini.

Tantangan Industri IP di Indonesia

Keberhasilan Korea Selatan bisa menjadi bahan studi bagi Indonesia untuk menentukan langkah strategis dalam mengejar ketertinggalan.

Pada 2022, jumlah pemain game di Indonesia mencapai 174 juta orang dengan transaksi mencapai 31 triliun Rupiah.

Editor : Grid Games

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular