Follow Us

Side Event IGDX 2023: Kiat Developer Game Bisa Masuk Play Store

Zihan Fajrin - Jumat, 13 Oktober 2023 | 12:36
Wafi Harowa, Technical Director, Agate Program Lead, IGGI, sedang menjelaskan cara agar developer game bisa memasukan game ke dalam Play Store.
GridGames / Zihan Fajrin

Wafi Harowa, Technical Director, Agate Program Lead, IGGI, sedang menjelaskan cara agar developer game bisa memasukan game ke dalam Play Store.

GridGames.id - Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) 2023 sudah dimulai dari tanggal 11 hingga 13 Oktober nanti di The Stone, Bali. Acara ini memiliki side event dari bagian IGDX Academy, Google Play termasuk ke dalamnya yang memberikan workshop bagi developer pemula hingga yang sudah memiliki aplikasi.

Bertajuk Google Play Academy Study Jam, sebuah workshop yang sebenarnya sudah dihadirkan Google sejak Juli 2023. Di IGDX 2023, Google membagikan kiat bagi developer agar aplikasi aman di Google Play Store pada Rabu (11/10/2023).

Acara ini tak hanya dihadiri oleh media, namun peserta dengan latar belakang berbeda seperti mahasiswa, IT, atau pekerja di bidang lain yang ingin belajar mengembangkan aplikasi dan merawat aplikasinya di Google Play.

Workshop ini terdapat empat bagian yang diajarkan, namun per harinya terdapat dua kelas yang bisa diikuti peserta.

Baca Juga: Cek 6 Kategori Indonesia Game Awards Akan Diumumkan di IGDX 2023

Kelas pertama di IGDX 2023 yang diberikan oleh Google ialah basic introduction, menurut Wafi Harowa, Technical Director, Agate Program Lead, IGGI, kelas ini diperuntukan untuk kalian yang belum familiar tentang Play Store atau sebenarnya tahu tapi lebih ke arah user (pengguna).

“Jadi kita belajar dulu basicnya seperti apa, lalu setelah itu kita bakal tahu nih, oh di Play Store ada apa aja sih? Kalau kita sebagai developer ada apa aja, dan bisa tahu hal apa aja yang bisa dilakukan di Play Store,” ujar Wafi saat sesi kelas.

Banyak orang berpikir bahwa aplikasi ketika ingin dimasukan ke dalam Play Store bisa langsung masuk saja, padahal ada banyak hal yang harus diperhatikan dan step ini dinamakan Store Listing.

Wafi menjelaskan, Store Listing ialah step ketika kita upload aplikasi ke dalam Play Store seperti halnya toko di dalam e-commerce yang memasukan produk, restoran yang memasukan menu ke dalam platform antar makanan, dan di aplikasi sendiri pengembang perlu mengatur beberapa hal.

Baca Juga: Daftar Showcase 14 Developer Game Lokal di IGDX 2023, Bisa Coba Main!

App Descriptions

Buat deskripsi yang sesuai dengan game yang ingin kamu masukan ke dalam Play Store. Coba untuk memfokuskan kepada fitur dan keunikan yang mungkin akan disukai oleh pengguna.

Halaman Selanjutnya

Graphics and video
1 2

Editor : Grid Games

Baca Lainnya

Latest